Pembukaan Masjid Pertama di kawasan wisata gunung Fuji :

Menjawab kebutuhan puluhan ribu Ummat Islam tiap tahunnya yang mengunjungi daerah wisata gunung Fuji, khususnya sekitar danau Kawaguchiko mengenai tidak adanya masjid dan sedikitnya pilihan makanan Halal. JHCPO(Japan Halal Certificate Promotion Organization) menggagas pembukaan masjid pertama di kawasan ini.

Beralamat di  Prefektur Yamanashi, Minamitsuru-gun, Fujikawaguchiko-cho, Funatsu, 6713-17.

Bangunan yang sebelumnya merupakan hotel kapsul ini mulai di renovasi untuk menjadi masjid sejak awal Agustus 2020 dibantu dengan orang-orang Indonesia terutama dari NU Jepang secara sukarela. Pada awal November masjid Fujikawaguchiko mulai bisa dipakai beribadah untuk umum. Walau masih banyak yang keperluan yang harus diperbaiki seperti tempat wudhu di bagian luar, speaker, dsb termasuk renovasi restoran dan café Halal yang nantinya berada persis di bagian depan masjid.

Pembukaan masjid indah yang berada di pinggir danau Kawaguchi dan berlatar belakang Gunung Fuji ini dipenuhi antusiasme orang Indonesia maupun umat Islam lain yang berada di Jepang. Ada 2 acara pembukaan. Opening Ceremony beserta syukuran pemotongan tumpeng di tanggal 8 November, yang dihadiri perwakilan KBRI Tokyo, NU Jepang, Pemerintah setempat, dan lebih dari 150 orang Indonesia maupun orang Jepang yang datang dari berbagai daerah di Jepang. Kemudian di tanggal 15 November diadakan Grand Opening yang juga dihadiri berbagai kalangan seperti perwakilan liga Islam Dunia Jepang & masyarakat muslim di sekitar daerah tersebut.

“Kami di JHCPO bertujuan untuk mewujudkan “Satu Dunia” melalui Islam. Dunia yang lebih baik, dunia yang penuh damai. Dari Masjid ini bisa menjadi pusat yang mengintegrasikan budaya Islam dan Jepang. JHCPO mendeklarasikan diri sebagai organisasi Islam Jepang, dan akan bekerjasama dengan semua negara untuk menjadi jembatan Jepang dan kawasan Islam, membidik dunia dari Jepang. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua orang Indonesia , termasuk Kedutaan Besar Republik Indonesia yang telah banyak membantu sejak awal.” Demikian disampaikan oleh Abdul Qudir Kato, Direktur JHCPO dalam sambutannya dalam acara Opening Ceremony Masjid Fujikawaguchiko. Beliau sendiri adalah seorang mualaf sejak tahun 2014. Setelah pandemi, saat wisatawan dari mancanegara sudah bisa masuk ke Jepang kembali. Masjid ini diproyeksikan menjadi salah satu tujuan wisata favorit, tidak hanya untuk sholat, tapi juga jadi Islamic Center, pusat makanan halal, venue pernikahan, dsb.

http://www.jhcpo.com    Facebook : JHCPO    Mail: info@jhcpo.com


JHCPO

"Islamic One World" JHCPO has this philosophy. Muslims, from the Islamic perspective, are a one nation that includes multiple peoples, multiple races, languages and homelands.

0件のコメント

コメントを残す

Avatar placeholder